Rabu, 29 Februari 2012

Model-model Koneksi ke Internet Service Provider (ISP)

Internet Service Provider (ISP) merupakan penyedia layanan akses internet bagi pengguna, baik perorangan, rumah tangga, sekolah, maupun perkantoran. ISP di indonesia cukup banyak, misalnya : Indosatnet, Wasantara dan Telkomnet. Tanpa penghubung ke ISP, kalian tidak dapat memperoleh layanan akses internet.

ISP akan memberikan layanan untuk menghubungkan kalian ke internet melalui perangkat keras berupa modem, firewall, dan router.Tidak semua ISP dapat langsung menghubungkan komputer kalian ke internet. Ada juga ISP yang tidak dapat menghubungkan langsung ke internet. Untuk ISP jenis ini, maka ISP tersebut hatus memiliki koneksi ke Internet Network Provider (INP) yang merupakan perusahaan yang menyediakan layanan koneksi ke internet. Di indonesia baru ada sebuah INP, yaitu Indosat. 

Bila suatu saat kalian ingin membuat halaman web milik kalian sendiri, maka kalian dapat menghubungi Internet Content Provider (ICP). Perusahaan tersebut menyediakan layanan jasa pembuatan halaman web dan sekaligus memasangkan ke portal-portal yang aktif di internet. Beberapa ICP di Indonesia, antara lain Indonesian Interactive (12), GudegNet, dan dapur web.

Untuk melakukan koneksi ke ISP, ada beberapa macam bentuk sesuai dengan model ISP-nya. Bentuk-bentuk koneksi tersebut sebagai berikut.

1. ISP sebagai perusahaan telekomunikasi 
PT.Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di indonesia yang bertindak sebagai ISP. Adapun benuk koneksi yang ditawarkan adalah secara dial up atau leased line.

2. ISP sebagai perusahaan penyedia koneksi ke internet semata 
pada umumnya, perusahaan ini akan menawarkan  koneksi nirkabel dengan membangun menara-menara pemancar untuk menangkap frekuensi gelombang radio yang menjadi sarana lalu lintas data dan informasi.

3. ISP sebagai perusahaan penyedia layanan operator ponsel
pada umumnya, perusahaan ini memberikan layanan sesuai dengan jenis teknologi ponsel yang dikembangkannya, misalnya GPRS.

4. ISP  sebagai perusahaan penyedia layanan tv kabel
pada umumnya, perusahaan ini memberikan layanan koneksi yang mengjangkau lokasi dengan menggunaka kabel broadband. layanan utama yang diberikan semula hanya pemancaran siaran televisi, tetapi kini telah dikembangkan untuk akses internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar